Edukasi

Kurangnya Tenaga Pengajar di Daerah 3T

17 Juli 2017
332 Kali Dilihat

Tenaga pengajar merupakan anggota masyarakat yang bertugas merencanakan dan melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan. Daerah 3T merupakan daerah yang dianggap terdepan, terluar, dan tertinggal oleh pemerintah, dan tersebar di seluruh provinsi sesuai surat no 2421/Dt.7.2/04/2015 yang ditetapkan oleh  Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN).

            Indonesia sudah kekurangan tenaga pengajar di daerah terpencil ini sudah sejak lama. Sebenarnya banyak hal yang menyebabkan kurangnya tenaga pengajar di daerah terpencil. Salah satu contoh penyebabnya adalah kurangnya fasilitas di daerah terpencil tersebut lalu kurangnya apresiasi bagi para tenaga pengajar yang mengajar di daerah terpencil tersebut selanjutnya bisa dikarenakan biaya hidup di daerah tersebut terlalu tinggi dibandingkan daerah yang lain.

            Pemerintah seharusnya memberikan porsi yang sama baik dari sarana sampai tenaga pengajar di daerah-daerah terpencil atau daerah pelosok di Indonesia. Pemerintah juga harus menyosialisasikan kepada para calon pengajar bahwa sebagai tenaga pengajar bukan hanya untuk mendapatkan gaji tetapi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia sehingga para tenaga pengajar tersebut mau ditempatkan di daerah-daerah terpencil.

 

 

http://www.kompasiana.com/alanduung/tenaga-pengajar-di-daerah-terpencil_54f5f208a33311197c8b4646

http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/wp-content/uploads/2015/07/Daftar-Daerah-3T-2015.pdf


Ceritakan Solusi

avatar

0 Cerita

PROBLEM

 

Selalu tahu yang terbaru