Logistik

Manajemen Dwell Time Agar Semua Pelabuhan Memiliki Dwell Time Sama

02 Oktober 2017
166 Kali Dilihat

Masalah dwell time atau waktu bongkar muat di pelabuhan kerap menjadi persoalan yang membuat kelancaran arus barang terganggu. Dwell time selalu jadi masalah di pelabuhan mana pun di dunia. Terutama jika kapal-kapal besar datang. Dwell time memang menjadi kunci ukuran pelayanan pelabuhan-pelabuhan di dunia. Tapi masalah ini terjadi di seluruh pelabuhan di dunia, ujar Deputi Direktur Bidang Maritim Pelabuhan San Fransisco Peter A. Dailey di Atamerica, Pacific Place, Jakarta, Kamis (25/8/2016). (detik.com)
Di Indonesia yang memiliki banyak pelabuhan, dwell time menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Dwell time yang baik akan membuat barang-barang lebih cepat untuk diimpor atau diekspor ke luar negeri. Akibatnya, kegiatan perdagangan pun berlangsung semakin kondusif dan hal ini dapat membuat importir untuk lebih tertarik berdagang di Indonesia, eksportir untuk berdagang sampai ke luar negeri, dan investor untuk berbisnis di Indonesia.
Idealnya, dwell time ditetapkan sekitar 2-3 hari. Sebagai perbandingan, di Pelabuhan Tanjung Priok, pemerintah menetapkan dwell time harus selama 2,5 hari. Di Pelabuhan Belawan, Medan, waktu bongkar muat mencapai delapan hari. Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, mencapai enam hari. Waktu dwell time yang lama ini menjadi sorotan pemerintah pada kuartal ketiga tahun 2016 lalu. Akan tetapi, berdasarkan liputan thejakartapost.com yang dimuat pada 17 Juli 2017 lalu, diberitakan bahwa dwell time di Pelabuhan Tanjung Priok memburuk dari 2,9 hari pada akhir 2016, menjadi 3,6 hari di tahun 2017.
Buruknya dwell time di pelabuhan-pelabuhan di Indonesia umumnya disebabkan oleh buruknya infrastruktur, permainan oleh oknum-oknum, serta sistem manajemen dan birokrasi bongkar muat barang yang masih buruk. Salah satu cara meng-improve dwell time ini yaitu dengan perbaikan manajemen dan penyederhanaan birokrasi, yang dapat dibantu menggunakan teknologi informasi.


https://finance.detik.com/berita-ekonomi- bisnis/3283811/operator-pelabuhan- as-dwell-
time-di- indonesia-sudah- berkurang
http://megapolitan.kompas.com/read/2016/09/21/165843826/pemerintah.tetapkan.dwell.
time.di.pelabuhan.tanjung.priok.2.5.hari
http://nasional.kompas.com/read/2016/09/13/12304531/jokowi.marah.dwell.time.pelabuh
an.belawan.masih.7.hingga.8.hari
http://www.thejakartapost.com/news/2017/07/17/dwell-time- at-ports- worsens-to- 3-5-
days-official.html


Ceritakan Solusi

avatar

0 Cerita

PROBLEM

 

Selalu tahu yang terbaru