Kesehatan

Pengiriman Dokter Secara Terarah

02 Oktober 2017
155 Kali Dilihat

Persebaran dokter di indonesia sampai saat ini masih terbilang belum merata. Berdasarkan data dari Konsil Kedokteran Indonesia tahun 2016, Indonesia memiliki sekitar 100.000 dokter dan 30.000 dokter spesialis. Angka tersebut sebenarnya sudah cukup untuk melayani rakyat Indonesia. Namun, sebagian besar dokter-sokter tersebut menumpuk di wilayah tertentu saja seperti kota-kota besar di pulau jawa dan sumatera. Lalu, apa yang menyebabkan persebaran dokter-dokter tidak merata?

Hal pertama yang menjadi masalah seperti profesi lainnya tentunya adalah upah, menurut ketua umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, imbalan yang diberikan kepada dokter yang ditugaskan ke daerah terpencil harus setimpal, mengingat biaya untuk menjadi dokter sangatlah tinggi dan ditambah resiko kerja yang lebih tinggi di daerah terpencil. Alasan berikatnya adalah tidak adanya ikatan dinas untuk para lulusan fakultas kedokteran yang membuat dokter-dokter muda tidak tahu harus melakukan praktik di mana. Alasan - alasan diatas membuat dokter-dokter lebih memilih praktik di tempat yang dirasa lebih nyaman dan bisa lebih mendukung kesejahteraan mereka. Sebagai tambahan untuk permasalahan kurangnya dokter spesialis adalah biaya untuk mengambil gelar tersebut masih mahal, walaupun sebenarnya dokter-dokter banyak yang kompeten menjadi spesialis.

Dengan melihat permasalahan di atas, untuk mengatasinya tentu bukan hal yang dapat dilakukan dengan sekejap. Perlu adanya kerjasama yang berkomitmen dan erat antara badan-badan ikatan kedokteran yang ada di indonesia dan juga dengan pemerintah. Perlu adanya program-program pemerataan yang efektif menempatkan dokter-dokter pada lokasi-lokasi terpencil dengan tetap memberikan insentif yang memadai untuk para dokter agar mau mengikuti program tersebut. Perlu juga ada program pendidikan kedokteran (termasuk pengambilan gelar spesialis) yang biayanya ditanggung pemerintah atau yayasan tertentu dengan konsekuensi lulusannya siap di kirim ke daerah-daerah yang membutuhkan.


Ceritakan Solusi

avatar

0 Cerita

PROBLEM

 

Selalu tahu yang terbaru